Selayang Pandang

Berbekal semangat dan percaya diri, Yayasan Pelita Dwiputra Husada Bandung berhasil menghimpun berbagai sumberdaya (resources) untuk mendirikan SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKes) DHARMA HUSADA. Melalui Akte Notaris Dr. Wiratni Ahmadi, SH tanggal 26 Juli 1999 Nomor 52, Yayasan Pelita Dwiputra Husada Bandung didirikan yang dipimpin oleh Drs. H. Soepardan, MBA seorang mantan perawat senior RS Hasan Sadikin Bandung sekaligus sebagai perintis Akademi Keperawatan PPNI Bandung.

Didasari oleh keinginan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan di Jawa Barat yang pada kenyataannya bahwa hampir 60% tenaga kesehatan yang ada di pusat pelayanan kesehatan primer dan sekunder adalah lulusan SPK, maka digagaslah sebuah pemikiran tentang perlunya lembaga pendidikan tinggi yang mendidik khusus tenaga kesehatan yang dapat memberi kontribusi langsung pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Barat sejalan dengan Visi Propinsi Jawa Barat.

Akhirnya melalui perjalanan panjang, STIKes Dharma Husada Bandung didirikan setelah mendapatkan izin operasional berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas No. 127/D/O/2002 pada tanggal 8 Juli 2002 dengan menyelenggarakan 6 Program Studi:

  1. Strata 1 (S1) Kesehatan Masyarakat
  2. Strata 1 (S1) Keperawatan
  3. Diploma III (D3) Kebidanan
  4. Diploma III (D3) Keperawatan
  5. Diploma III (D 3) Refraksi Optisi (Tahun 2006)
  6. Profesi Ners (Tahun 2012)

Pada awal kelahirannya, kampus STIKes Dharma Husada Bandung berlokasi di Jalan Terusan Jakarta No. 75 Antapani Bandung. Namun dalam 3 tahun terakhir, Yayasan Pelita Dwiputra Husada Bandung terus mengembangkan kampus sehingga saat ini memiliki sendiri kampus  di Jalan Terusan Jakarta No. 71 – 75 dan Kampus II di Jalan Jakarta Utara. Di lokasi kampus I, kini sudah dibangun gedung kampus permanen 3 tingkat yang digunakan sebagai cikal bakal Kampus Terpadu STIKes Dharma Husada Bandung.

Visi :

Menjadi Institusi Pendidikan Kesehatan yg unggul dalam pelayanan kesehatan  berbasis 3H Principles (Head, Hand and Heart) di Jawa Barat Tahun 2020

Misi :

  1. Membangkitkan kesadaran bahwa setiap kehidupan mempunyai hak untuk dihargai dan menumbuhkan nilai-nilai kearifan dan cinta kasih terhadap ciptaan Tuhan Yang Mahaesa
  2. Menyelenggarakan  pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang komprehensif sehingga mampu memberikan pelayanan kesehatan dengan kemampuan intelektualitas tinggi (Head Principle), keterampilan memberikan tindakan yang cepat dan tepat (Hand Principle) disertai ketulusan tanpa memandang ras, suku dan golongan (Heart Principle)
  3. Menyelenggarakan sistem manajemen pendidikan tinggi yang bersih dan akuntabel.
  4. Membangun kemitraan yang berkesinambungan dalam upaya peningkatan mutu tridharma perguruan tinggi dengan lembaga-lembaga tingkat nasional dan Internasional.