Program Studi S 1 Ilmu Kesehatan Masyarakat

PROFIL PROGRAM STUDI S1 ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

 

VISI PROGRAM STUDI

Menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang berjiwa enterpreneur berbasis 3H principles (Head, Hand, and Heart) di Jawa Barat Tahun 2019

 

MISI PROGRAM STUDI

  1. Melaksanakan pendidikan kesehatan masyarakat sesuai standar nasional dengan menanamkan nilai-nilai 3H Principles (Head, Hand, Heart) dan menumbuhkan jiwa enterpreuner.
  2. Melaksanakan penelitian kesehatan masyarakat yang berkaitan dengan entrepreneurship dan pelayanan kesehatan berbasis 3H Principles (Head, Hand, Heart).
  3. Melaksanakan pengabdian di bidang kesehatan masyarakat yang berkaitan dengan entrepreneurship dan pelayanan kesehatan berbasis 3H Principles (Head, Hand, Heart).
  4. Melaksanakan sistem manajemen program studi yang bersih, bertanggung jawab dan transparan
  5. Menjalin kemitraan dengan pihak terkait dalam meningkatkan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kemampuan enterpreuner di bidang kesehatan masyarakat

 

TUJUAN

  1. Terlaksananya pendidikan kesehatan masyarakat sesuai standar nasional pendidikan dengan menanamkan nilai-nilai 3H Principles (Head, Hand, Heart) dan menumbuhkan jiwa enterpreuner.
  2. Terlaksananya penelitian kesehatan masyarakat yang berkaitan dengan entrepreneurship dan pelayanan kesehatan berbasis 3H Principles (Head, Hand, Heart).
  3. Terlaksananya pengabdian di bidang kesehatan masyarakat yang berkaitan dengan entrepreneurship dan pelayanan kesehatan berbasis 3H Principles (Head, Hand, Heart).
  4. Terlaksananya sistem manajemen program studi yang bersih, bertanggung jawab dan transparan
  5. Terjalinnya kemitraan dengan pihak terkait dalam meningkatkan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kemampuan enterpreuner di bidang kesehatan masyarakat

 

KOMPETENSI LULUSAN

Sesuai dengan hasil pembahasan dan diskusi pada forum Asosiasi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI), telah dicapai kesepakatan bahwa rumusan kompetensi utama untuk pendidikan akademik kesehatan masyarakat di Indonesia,  dengan mengacu pada rumusan kesehatan masyarakat sebagai ilmu disertai tiga fungsi di dipandang memiliki kesamaan dengan rumusan  kompetensi kesehatan masyarakat Canada, yang termuat dalam referensi; Council on Linkages between Academia and Public Health Practice (2001) dan Core Competencies for Public Health in Canada: Release 1.0, Public Health Agency of Canada. Ottawa, September 2007. Rumusan kompetensi hasil adaptasi dari core competencies Public Health Canada  terdiri atas  8 (delapan) kompetensi:

  1. Kemampuan untuk melakukan kajian dan analisa (Analysis and Assessment)
  2. Kemampuan untuk merencanakan dan mengembangkan kebijakan kesehatan (Policy development and program planning)
  3. Kemampuan untuk melakukan komunikasi (Communication skill)
  4. Kemampuan untuk memahami budaya lokal (Cultural competency/local wisdom)
  5. Kemampuan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat (Community dimensions of practice)
  6. Memahami dasar-dasar ilmu kesehatan masyarakat (Basic public health sciences)
  7. Kemampuan untuk merencanakan dan mengelola sumber dana (Financial planning and management)
  8. Kemampuan untuk memimpin dan berfikir sistem (Leadership and systems thinking/total system)

 

PESERTA PROGRAM PENDIDIKAN

Mulai Tahun Ajaran 2010/2011, pengelolaan program pendidikan di STIKes Dharma Husada Bandung dilakukan reorganisasi pengelolaan yang terdiri dari 2 (dua) Program, yaitu :

  1. Program Reguler

Program ini diikuti oleh peserta lulusan SMU/SPK/D1 yang diterima melalui jalur Test Seleksi PMB. Perkuliahan dilaksanakan pada hari Senin sampai Sabtu jam 07.00 s/d 18.00.

  1. Program Non Reguler

Program ini menampung mahasiswa lulusan Diploma III (DIII) Kesehatan. Mulai Tahun Ajaran 2010/2011, lulusan DIII yang masuk ke Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah yang sejalur dengan pendidikan yang ada di Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat. Waktu perkuliahan dimulai pada hari Kamis-Sabtu pukul. 07.00 s/d 20.00.

 

BEBAN DAN LAMA STUDI

Beban studi masing-masing peserta program adalah sebagai berikut :

Program Reguler

Pendidikan program S1 ini mempunyai beban studi minimal 144 SKS (Sistem Kredit Semester) menggunakan kurikulum dengan sistem paket yang dijadwalkan dapat diselesaikan dalam 4 tahun (8 Semester) dan paling lama 7 tahun (14 Semester).

Program Non Reguler

Transkrip akademik yang dimiliki oleh lulusan DIII Kesehatan diakui maksimal 90 sks. Program ini menyesuaikan kurikulum Program S-1. Masa studi dijadwalkan untuk 2 tahun (4 semester) dan paling lama 4 tahun (8 semester).

 

PEMINATAN DI PROGRAM STUDI S1 ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

Peminatan yang ada di Program Studi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah :

  1. Manajemen Pelayanan Kesehatan (MPK)
  2. Epidemiologi (EPID)
  3. Kesehatan Lingkungan (KL)
  4. Kesehatan Reproduksi (KESPRO)
  5. Promosi Kesehatan (PROMKES)

Ketentuan pilihan peminatan :

  1. Pilihan peminatan dilaksanakan pada semester VII (Tujuh)
  2. Teknis pilihan peminatan akan diatur Tim peminatan