Program Studi D 3 Kebidanan

PROFIL PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN

VISI PROGRAM STUDI

Menjadi Penghasil Ahli Madya Kebidanan Yang Kompeten Sesuai Perkembangan IPTEK, Berjiwa Entrepreneur Dan Berbasis 3H Principles (Head, Hand and Heart) Di Jawa Barat Tahun 2015

 

MISI PROGRAM STUDI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berbasis kompetensi dan berdasarkan evidence-based, dengan kemampuan intelektualitas tinggi (Head Principle), keterampilan memberikan tindakan yang cepat dan tepat (Hand principle) disertai ketulusan tanpa memandang ras, suku dan golongan (Heart Principle).
  2. Mengembangkan dan melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berdasarkan  kompetensi bidang keahlian kebidanan secara paripurna yang berbasis 3H Principles.
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam ruang lingkup kebidanan berbasis 3H Principles berdasarkan kebutuhan masyarakat dan perkembangan IPTEKES.

 

TUJUAN

  1. Terselenggaranya kegiatan pendidikan dan pembelajaran berbasis kompetensi yang menunjang penguasaan Standar Kompetensi Bidan Indonesia
  2.  Terciptanya suasana akademik yang membangkitkan kesadaran bahwa setiap kehidupan mempunyai hak untuk dihargai dan menumbuhkan nilai – nilai kearifan dan cinta kasih terhadap ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap kegiatan PS.
  3. Berkembangnya program-program pendidikan bidan berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kompetensi bidan dan mutu pelayanan kebidanan.
  4. Terselenggaranya unit usaha pelayanan kebidanan sebagai sarana menumbuh kembangkan jiwa entrepreneur
  5. Terselenggaranya pelayanan kebidanan sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang prima berlandaskan keimanan, kejujuran, keikhlasan dan peduli bagi masyarakat.
  6. Terlaksananya kegiatan penelitian terapan dalam bidang ilmu kebidanan dan kesehatan reproduksi yang dapat diimplementasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan IPTEKES
  7. Berkembangnya jaringan dan kerjasama kemitraan dengan berbagai lembaga pemerintah, organisasi profesi, lembaga swadaya masyarakat, institusi pelayanan kesehatan serta stakeholders lainnya dalam upaya mendukung peningkatan derajat kesehatan kaum perempuan dan anak

 

KOMPETENSI LULUSAN

 

Kompetensi Utama :

  1. Standar Kompetensi I: Lulusan mempunyai persyaratan pengetahuan dan keterampilan dari ilmu-ilmu sosial, kesehatan masyarakat dan etik yang membentuk dasar dari asuhan yang bermutu tinggi sesuai dengan budaya, untuk wanita, bayi baru lahir dan keluarganya.
  2. Standar Kompetensi II: Lulusan memberikan asuhan yang bermutu tinggi, pendidikan kesehatan yang tanggap terhadap budaya dan pelayanan menyeluruh di masyarakat dalam rangka untuk meningaktkan kehidupan keluarga yang sehat, perencanaan kehamilan dan kesiapan menjadi orang tua.
  3. Standar Kompetensi III: Lulusan memberi asuhan antenatal bermutu tinggi untuk mengoptimalkan kesehatan selama kehamilan yang meliputi: deteksi dini, pengobatan atau rujukan dari omplikasi tertentu.
  4. Standar Kompetensi IV: Lulusan memberikan asuhan yang bermutu tinggi,tanggap terhadap kebudayaan setempat selama persalinan, memimpin suatu persalinan yang bersih dan aman, menangani situasi kegawat daruratan tertentu untuk mengoptimalkan kesehatan wanita dan bayinya yang baru lahir.
  5. Standar Kompetensi V: Lulusan memberikan asuhan pada ibu nifas dan menyusui yang bermutu tinggi dan tanggap terhadap budaya setempat.
  6. Standar Kompetensi VI: Lulusan memberikan asuhan yang bermutu tinggi, komprehensif pada bayi bayi baru lahir sehat sampai dengan 1 bulan.
  7. Standar Kompetensi VII: Lulusan memberikan asuhan yang bermtu tinggi, komprehensif pada bayi dan balita sehat (1 bulan-5 tahun)
  8. Standar Kompetensi VIII: Lulusan memberikan asuhan yang bermutu tinggi dan komprehensif pada keluarga, kelompok dan masyarakat sesuai dengan budaya setempat.
  9. Standar Kompetensi IX: Lulusan melaksanakan asuhan kebidanan pada wanita/ibu dengan gangguan sistem reproduksi

 

 Kompetensi Pendukung :

  1. Lulusan dapat memberikan asuhan kebidanan berdasarkan prinsip evidence-based
  2. Lulusan dapat melakukan penatalaksanaan secara komprehensif berdasarkan Problem Based Learning (PBL)
  3. Lulusan dapat melakukan Komunikasi Interpersonal dan Konseling (KIP/K) dengan baik
  4. Lulusan dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris baik secara pasif maupun aktif dalam konteks pelayanan kebidanan
  5. Lulusan dapat mengoperasikan komputer dengan segala program aplikasinya untuk kepentingan pendokumentasian kebidanan dan penulisan karya penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

Kompetensi lainnya/pilihan :

  1. Lulusan memiliki kemandirian dalam mengembangkan karirnya sebagai bidan melalui jiwa wirausaha (entrepreneurship) sehingga mampu menyusun business plan sebagai prasyarat bagi pembukaan Bidan Praktek Swasta (BPS)
  2. Lulusan memiliki sikap, perilaku, dan kebiasaan yang berorientasi pada pengembangan Kecerdasan Emosional – Spiritual untuk mendukung terciptanya bidan yang etis, profesional, akuntabel dan berakhlakul karimah.