Kondom Wanita, Salah Satu Pilihan Metode Kontrasepi

kondom wanita 1

Kondom menjadi salah satu metode kontrasepsi (KB) yang bekerja dengan cara mencegah sperma bertemu dengan sel telur sehingga tidak terjadi pembuahan. Penggunaan kondom cukup aman dan efektif sebagai alat pencegah kehamilan selama kondom dipakai secara tepat dan benar.Umumnya kondom digunakan oleh kaum pria saat ereksi untuk mencegah terjadinya sperma bertemu sel telur agar tidak terjadi pembuahan. Namun kini urusan kontrasepsi itu tak hanya melulu dilakukan oleh pria, wanita pun wajib melindungi dirinya.

Kondom untuk wanita adalah kondom yang dirancang khusus untuk digunakan oleh perempuan yang berbentuk tabung silinder yang dimasukkan ke dalam vagina. Kondom wanita memiliki desain yang pas untuk organ vital perempuan yang konon lebih enak digunakan daripada kondom pria.

Sama dengan kondom untuk pria, derajat keamanannya di bawah metode kontrasepsi seks lainnya, yang urutannya terdiri dari hormon, spiral, kondom, baru hitungan kalendar. Jadi tidak lebih aman dari hormon dan spiral,bahan kondom terbuat dari polyurethane yang lebih kuat dibandingkan latex pada kondom pria. Berbentuk silinder tipis dan lembut dengan panjang 17 centimeter dan diameter 6-7 centimeter, kondom ini dilengkapi dua buah cincin pada masing-masing ujungnya yang berfungsi sebagai rangka.

Kondom khusus untuk kaum wanita ini tidak menjamin aman digunakan dan antirobek 100 persen karena bisa saja salah dalam penggunaan, kesalahan produksi pabrik, kadaluarsa, dan sebagainya. Karena itu sebaiknya Anda teliti dan pastikan kondisi tangan serta vagina bersih sebelum menggunakannya.

Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Nasional H. Aburizal Bakrie meluncurkan kondom perempuan (Female Condom) sebagai bagian dari strategi penanggulangan HIV/AIDS dan mendorong penggunaan kondom yang lebih luas di setiap hubungan seks yang berisiko, pada hari ini bersamaan dengan pembukaan Pertemuan Nasional HIV dan AIDS ke-3 hari ini. Sementara, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional Dr. Nafsiah Mboi, SpA, MPH menjelaskan bahwa peluncuran kondom perempuan ini didasarkan atas kenyataan bahwa angka penggunaan kondom yang masih relatif rendah dalam hubungan seks yang berisiko dan diperburuk dengan fakta bahwa banyak pria yang sering melakukan hubungan seks berganti pasangan enggan untuk menggunakan kondom sehingga meningkatkan risiko pasangannya tertular HIV.

Peluncuran kondom perempuan ini didasarkan atas kenyataan bahwa angka penggunaan kondom yang masih relatif rendah dalam hubungan seks yang berisiko adanya fakta bahwa banyak pria yang sering melakukan hubungan seks berganti pasangan enggan untuk menggunakan kondom sehingga meningkatkan risiko pasangannya tertular HIV.

Dengan metode pencegahan yang bisa di kontrol oleh perempuan (female control method) ini, kita bisa mencegah lebih banyak lagi kasus HIV baru yang disebabkan oleh hubungan seks yang tidak aman. Dengan metode ini, perempuan bisa mengambil alih kontrol dan memastikan hubungan seks berlangsung lebih aman, karena dalam penggunaan kondom pria, laki-laki yang biasanya menjadi penentu apakah hubungan seks ini bisa berlangsung aman atau tidak.

Menurut konsultan kondom perempuan Caroline Maposhere dari Zimbabwe, selain efektif mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, mencegah penularan infeksi menular seksual (IMS). “Selain itu, kondom perempuan ini bisa digunakan beberapa jam sebelum berhubungan seks, dan tidak seperti kondom pria yang hanya bisa digunakan sekali, kondom perempuan bisa digunakan beberapa kali,”

Produk Kondom Perempuan yang diluncurkan adalah produk yang dipasarkan oleh DKT Indonesia dan akan segera beredar dalam waktu 1 bulan diberbagai apotik-apotik terdekat. Kondom tersebut berbahan dasar Latex ini diimpor langsung dari India dan mempunyai busa/spons yang tertutup untuk menyerap sperma. Panjang Kondom ini 17cm dengan diameter 6,6 – 7 cm dan untuk mencegah bersarangnya penyakit, kondom ini juga mempunyai daerah segitiga yang elastis dan fleksibel. Sebelumnya kondom perempuan ini telah di uji coba di Papua dan Jakarta dan menunjukkan hasil yang menggembirakan. Di Jakarta uji coba dilakukan terhadap Pekerja Seks Komersil di kawasan Rawa Bebek dan Ibu Rumah Tangga.

 

LANGKAH LANGKAH PEMAKAIAN KONDOM WANITA

LANGKAH 1

Kondom wanita bisa dimasukkan hingga 8 Jam sebelum coitus/ berhubungan. Kondom ini terbuat dari Latex Poliuretan jadi aman jika menggunakan tambahan pelumas berbasis oil / minyak.
Ujung yang terbuka terdapat cincin di bagian dalamnya, yang berguna untuk memasukan dan menahan kondom di tempat nya ( lihat gambar )
kondom%20wanita%201 Kondom Wanita, Salah Satu Pilihan Metode Kontrasepi STIKes

LANGKAH 2
Tahan dan remas ring tsb dg jari sehingga membentuk angka 8 ( Lihat Gambar )
kondom%20wanita%202 Kondom Wanita, Salah Satu Pilihan Metode Kontrasepi STIKes

LANGKAH 3
kondom%20wanita%203 Kondom Wanita, Salah Satu Pilihan Metode Kontrasepi STIKes
Masukan ring kondom ke dalam vagina dengan bantuan jari anda (lihat gambar )

LANGKAH 4
kondom%20wanita%204 Kondom Wanita, Salah Satu Pilihan Metode Kontrasepi STIKes
Dengan bantuan jari telunjuk…. dorong sejauh mungkin ke dalam vagina (Lihat gambar)


LANGKAH 5
kondom%20wanita%205 Kondom Wanita, Salah Satu Pilihan Metode Kontrasepi STIKes
Kondom sudah ada ditempat nya


LANGKAH 6

Setelah selesai coitus, Lepaskan kondom sebelum berdiri.
Peras dan putar ring bagian luar, tarik perlahan dan buang pada tempat yg aman

Kondom menjadi salah satu metode kontrasepsi (KB) yang bekerja dengan cara mencegah sperma bertemu dengan sel telur sehingga tidak terjadi pembuahan. Penggunaan kondom cukup aman dan efektif sebagai alat pencegah kehamilan selama kondom dipakai secara tepat dan benar.Umumnya kondom digunakan oleh kaum pria saat ereksi untuk mencegah terjadinya sperma bertemu sel telur agar tidak terjadi […]

Leave a Reply

*