Kompetensi Lulusan D3 Keperawatan

Kompetensi Utama
1.    Mampu memahami falsafah dasar negara dan konstitusi serta memiliki kesadaran beragama, berbahasa, berjiwa nasionalis, serta menguasai bahasa Internasional untuk menghadapi tantangan globalisasi.
2.    Mampu menguasai berbagai teori dan konsep dasar tentang komunikasi terapeutik dan gizi terapeutik yang didasarkan pada pengetahuan anatomi, fisiologi, patofisiologi, manajemen keperawatan, hukum kesehatan, dan psikologi kesehatan sehingga tercipta keseimbangan antara perawat dan klien.
3.    Mampu melaksanakan berbagai asuhan keperawatan (keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan gerontik, keperawatan jiwa, keperawatan medikal bedah, keperawatan keluarga, keperawatan gawat darurat, dan keperawatan komunitas) secara profesional dan komprehensif melalui penguasaan berbagai keterampilan keperawatan dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar manusia.
4.    Mampu membuat dan menerapkan konsep tentang manajemen keperawatan baik dalam keperawatan medikal bedah, keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan gerontik, keperawatan jiwa, keperawatan gawat darurat, keperawatan keluarga, dan keperawatan komunitas.
5.    Mampu menerapkan cara-cara memotivasi dan menggerakkan peran serta masyarakat sehingga mendorong perubahan perilaku masyarakat ke arah yang lebih positif dan sehat.
6.    Memiliki integritas dan profesionalitas dalam melaksanakan setiap asuhan keperawatan sehingga memuaskan kliennya.

Kompetensi Pendukung
1.    Lulusan dapat memberikan asuhan keperawatan berdasarkan prinsip evidence-based.
2.    Lulusan dapat melakukan komunikas terapeutik dengan baik.
3.    Lulusan dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris baik secara pasif maupun aktif dalam konteks pelayanan keperawatan.
4.    Lulusan dapat mengoperasikan komputer dengan segala program aplikasinya untuk kepentingan pendokumentasian keperawatan dan penulisan karya penelitian dan pengabdian masyarakat.
5.    Lulusan memiliki kemandirian dalam mengembangkan karirnya sebagai perawat melalui jiwa wirausaha (entrepreneurship).
6.    Lulusan memiliki sikap, perilaku, dan kebiasaan yang berorientasi pada pengembangan Kecerdasan Emosional – Spiritual (ESQ) untuk mendukung terciptanya perawat yang etis, profesional, dan akuntabel.

Kompetensi Utama1.    Mampu memahami falsafah dasar negara dan konstitusi serta memiliki kesadaran beragama, berbahasa, berjiwa nasionalis, serta menguasai bahasa Internasional untuk menghadapi tantangan globalisasi.2.    Mampu menguasai berbagai teori dan konsep dasar tentang komunikasi terapeutik dan gizi terapeutik yang didasarkan pada pengetahuan anatomi, fisiologi, patofisiologi, manajemen keperawatan, hukum kesehatan, dan psikologi kesehatan sehingga tercipta keseimbangan antara […]

Leave a Reply

*