Deskripsi Mata Kuliah S1 Keperawatan

1.    SU101 – Bahasa Arab
Mengenal dan memahami bentuk-bentuk gender, number, case, concord nominal, personal pronoun (domir), adjective, concord verbal, perpect, imperpect, impeartive, participle active/passive, verbal noun, derivasi, mengetahui bentuk asli kata bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Arab, perubahan dan terjemahan. Proses pembelajaran meliputi ceramah, diskusi dan percakapan.

2.    SU103 – Bahasa Inggris
Mata kuliah ini membahas tentang Bahasa Inggris dalam kaitannya dengan pelayanan kesehatan / keperawatan, yang mencakup tata Bahasa Inggris, penulisan, penerjemahan dan berkomunikasi secara aktif dalam Bahasa Inggris.

3.    SU106 – Bahasa Indonesia

Mata kuliah ini membahas tentang Bahasa Indonesia yang baik dan benar yang meliputi ejaan dan tata bahasa yang tepat, penggunaan bahasa yang tepat, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berkomunikasi, penulisan makalah / karangan dan laporan.

4.    SU107 – Pendidikan Agama
Agama merupakan mata kuliah yang terkait dengan keyakinan yang melandasi manusia untuk bersikap dan bertindak. Fokus pada pemahaman konsep-konsep agama dan kehidupan beragama di Indonesia. Penekanan pada penerapan nilai kehidupan beragama yang diterapkan dalam melaksanakan peran sebagai perawat profesional termasuk bersikap toleran dalam kehidupan sosial khususnya dalam kerja sama antar umat beragama.

5.    SU108 – Pendidikan Kewarganegaraan
Pendidikan kewarganegaraan membahas tentang wawasan nusantara, ketahanan nasional, politik strategi nasional, pertahanan keamanan nasional dan pertahanan keamanan rakyat semesta. Fokus pada pemahaman wawasan nusantara yang meliputi aspek idiologi, politik, ekonomi, sosial budaya, ketahanan dan keamanan nasional untuk diterapkan dalam kehidupan keprofesiaan keperawatan. Pengalaman belajar berupa ceramah dan diskusi kelompok.

6.    SU 113 – Communicative for Nursing I
Mata kuliah ini membahas aspek-aspek kompetensi yang harus dikuasai oleh perawat dan calon perawat yang meliputi kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris tingkat dasar secara profesional baik secara lisan maupun tertulis. Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini sangat berkaitan dengan kehidupan keperawatan sehari-hari. Di samping itu, mata kuliah ini juga memfasilitasi mahasiswa dengan berbagai bahan bacaan (reading texts) dan kosa kata (vocabulary) yang relevan dengan istilah-istilah keperawatan dan kedokteran. Dengan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan mampu menjadi sumber daya perawat yang memiliki nilai tambah sehingga mampu bersaing dalam pasar tenaga kerja global dan mampu meraih masa depan yang cerah.

7.    SU 114 – Communicative for Nursing II
Mata kuliah ini membahas aspek-aspek kompetensi yang harus dikuasai oleh perawat dan calon perawat yang meliputi kemampuan berkomunikasi bahasa Inggris tingkat dasar secara profesional baik secara lisan maupun tertulis. Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini sangat berkaitan dengan kehidupan keperawatan sehari-hari. Di samping itu, mata kuliah ini juga memfasilitasi mahasiswa dengan berbagai bahan bacaan (reading texts) dan kosa kata (vocabulary) yang relevan dengan istilah-istilah keperawatan dan kedokteran. Dengan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa akan mampu menjadi sumber daya perawat yang memiliki nilai tambah sehingga mampu bersaing dalam pasar tenaga kerja global dan mampu meraih masa depan yang cerah

8.    SU 115 – Academic English for Nursing
Mata kuliah ini membahas kompetensi menulis (writing skills) dan menyajikan karya ilmiah (oral presentation skills) dalam bahasa Inggris yang selayaknya dikuasai oleh mahasiswa jurusan keperawatan program studi S1. Kompetensi menulis mencakup pengetahuan dan aplikasi penulisan kalimat, paragraph dan karya tulis (paper) yang baik, serta kemampuan membuat catatan (note taking) dan membuat rangkuman (summarizing). Kompetensi menyajikan karya ilmiah mencakup kemampuan membuat bahan presentasi, membuka presentasi, menyampaikan tujuan presentasi, menyampaikan bahan presentasi, bertanya dan meng-handle pertanyaan, serta menutup presentasi. Topik-topik yang dibahas dalam perkuliahan ini sangat berkaitan dengan kehidupan akademis keperawatan. Dengan mata kuliah ini diharapkan para mahasiswa akan mampu menjadi sumber daya perawat yang memiliki nilai tambah berupa kompetensi membuat karya ilmiah dalam Bahasa Inggris terkait bidang keperawatan dan kompetensi menyajikan karya ilmiah di depan publik sehingga mampu berkiprah dalam dunia akademis keperawatan tingkat internasional dan berdaya saing dalam pasar tenaga kerja global.

9.    SU 116 – Bahasa Jepang
Mata kuliah Bahasa Jepang di STIKes Dharma Husada Bandung merupakan mata kuliah dasar suplemen yang bertujuan untuk memberikan kemampuan dasar berbahasa Jepang berdasarkan empat keterampilan berbahasa; menulis, membaca, mendengar, berbicara sehingga dapat memperlancar dalam pekerjaan. Mata kuliah muatan lokal ini diharapkan menjadi salah satu komponen unggulan lulusan STIKes Dharma Husada Bandung.

10.    SIA201 – Anatomi
Mata kuliah ini berfokus pada struktur sistem dalam tubuh manusia secara makro dan mikro yang diperlukan  dalam praktek keperawatan. Kegiatan pembelajaran meliputi kuliah, diskusi dan praktek laboratotium.

11.    SIA202 – Antropologi dan Sosiologi Kesehatan
Mata kuliah ini membahas tentang timbal balik faktor sosial budaya yang mempengaruhi derajat kesehatan dan penyakit. Pemahaman tentang mata kuliah ini dapat memperluas wawasan dan cara pandang serta menjadi dasar dalam pelayanan/asuhan keperawatan. Proses pembelajaran meliputi ceramah dan diskusi kelompok.

12.    SIA203 – Biokimia
Ilmu biokimia merupakan bagian dari kelompok Ilmu Biomedik. Penerapan biokimia dalam keperawatan berfokus pada pemahaman tentang biokimia jaringan, sistem protein, enzim dan koenzim, pencernaan, absorpsi dan detoksikasi, oksidasi biologis, siklus krebs, metabolisme karbohidrat, metabolisme lipid dan pirimidin yang terjadi dalam tubuh manusia dan diperlukan dalam praktik keperawatan. Kegiatan pembelajaran meliputi kuliah, diskusi dan praktek laboratorium.

13.    SIA236 – Biologi
Biologi merupakan bagian dari kelompok ilmu alam dasar. Penerapan biologi dalam keperawatan berfokus pada pemahaman konsep lingkungan, metoda dan etika ilmu, ciri-ciri kehidupan dari bentuk sederhana sampai bentuk yang lebih kompleks, mulai dari satuan terkecil (sel), jaringan, organ sampai satuan terbesar (sistem tubuh), perkembangan organisme (struktur dan fungsi), genetika dan reproduksi, prinsip-prinsip imunobiologi, perkembangan biologi yang digunakan dalam praktik keperawatan. Kegiatan pembelajaran meliputi; kuliah, diskusi dan praktek laboratorium.

14.    SIA206 – Etika Keperawatan dan Hukum Kesehatan
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan prinsip hukum yang berkaitan dengan praktek keperawatan serta konsep etika keperawatan, berbagai aliran filosopiyang mendasarinya dan prinsip cara penalaran dilemma etik dalam keperawatan.

15.    SIA207 – Farmakologi
Mata ajaran ini membahas perawatan dalam pengelolaan dan pemberian obat, jenis obat dan cara kerjanya, serta efek obat terhadap tubuh yang berkaitan dengan praktik keperawatan. Kegiatan pembelajaran meliputi kuliah, diskusi, dan praktek laboratorium serta contoh kasus.

16.    SIA208 – Filsafat Ilmu Keperawatan
Pembahasan ditujukan pada konsep dasar pendidikan yang berkaitan dengan pendidikan dalam pelayanan dan asuhan keperawatan profesional. Fokus pembahasan ialah pada: konsep pendidikan dalam keperawatan, hakekat manusia sebagai insan yang dapat dididik, dan selalu berubah menuju modifikasi perilaku yang lebih “sehat”. Konsep manusia dalam pendidikan menghargai keragaman yang unik dari manusia, sebagai peserta didik, dengan berbagai latar belakang, yang dapat dan membutuhkan pendidikan. Pengenalan mahasiswa terhadap konsep manusia dan pendidikan, mendukung proses pengembangan kemampuan memodifikasi perilaku diri sendiri menuju pembentukan integritas diri dalam hal profesionalisme pendidikan dalam keperawatan.

17.    SIA209 – Fisika

Fisika merupakan bagian dari kelompok ilmu alam dasar. Cabang ilmu ini dalam pendidikan Ners merupakan penerapan ilmu fisika dalam keperawatan dan berfokus pada pemahaman dengan prinsip-prinsip dasar gejala fisis yang terkait dengan manusia dan lingkungannya, yang digunakan dalam praktek keperawatan. Kegiatan pembelajaran meliputi, diskusi dan praktik laboratorium.

18.    SIA237 – Fisiologi I
Pengantar umum ilmu faal dasar sel dan jaringan  bioelektrik; faal otot dan syaraf tepi; pembentukan informasi melalui mekanisme neurogen; sensasi somatik; faal pengawasan kegiatan motorik oleh medula spinalis, batang otak, sub korteks, korteks dan serebelum; fungsi intelektual dan perilaku; faal susunan syaraf otonom; faal jantung sebagai pompa, faal eksitasi jantung; elektrokardiogram, hemodinamika dan faal pengaturan tekanan darah, sirkulasi darah tepi; kegagalan fungsi jantung dan syok. Proses pembelajaran meliputi ceramah dan diskusi.

19.    SIA238 – Fisiologi II
Kesan penglihatan; kesan pendengaran dan keseimbangan; kesan penghidu; kesan pengecap, faal motorik, sekresi digesti dan absorbsi pada saluran cerna; faal hati; endokrinologi; adenohipofise; neurohipofise, kelenjar tiroid, paratiroid dan pankreas; faal reproduksi dan hormon laki-laki dan perempuan. Proses pembelajaran meliputi ceramah dan diskusi.

20.    SIA213 – Ilmu Gizi dan Terapi Diet
Ilmu gizi merupakan bagian dari kelompok ilmu Biomedik. Penerapan ilmu ini pada keperawatan berfokus pada pengaruh gizi terhadap kesehatan tubuh pada berbagai tingkat daur kehidupan manusia, modifikasi diet normal untuk keperluan terapeutik yang diperlukan dalam praktek keperawatan. Kegiatan pembelajaran meliputi kuliah dan diskusi.

21.    SIA219 – Ilmu Politik dan Masalah Kesehatan
Fokus mata kuliah ini membahas berbagai konsep ilmu politik dan kaitannya dengan keperawatan. Mata kuliah ini akan digunakan dalam pelayanan/asuhan keperawatan. Pengalaman belajar meliputi ceramah dan diskusi.

22.    SIA239 – Kebutuhan Dasar Manusia I
Fokus mata kuliah ini membahas konsep manusia dan kebutuhan dasar, prinsip, proses, serta teknik dan prosedur pemenuhan kebutuhan rasa nyaman, kebutuhan aktifitas dan exercise, kebutuhan istirahat dan tidur, serta melakukan pemeriksaan fisik, diskusi dan praktek laboratorium.

23.    SIA222 – Kebutuhan Dasar Manusia II
Fokus mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, proses, serta teknik dan prosedur pemenuhan kebutuhan keamanan fisik dan psikologis, kebutuhan oksigenasi, kebutuhan nutrisi, kebutuhan eliminasi, kebutuhan cairan  dan elektrolit serta modalitas keperawatannya. Kegiatan pembelajaran meliputi kuliah, ceramah, dan praktek laboratorium.

24.    SIA240 – Kebutuhan Dasar Manusia III
Fokus mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, proses, serta teknik dan prosedur pemenuhan kebutuhan seksualitas, kebutuhan konsep diri dan aktualisasi diri, kebutuhan spiritual dan sosial budaya, hospitalisasi dan perawatan terminal dan modalitas keperawatannya. Kegiatan pembelajaran meliputi kuliah, diskusi dan praktek laboratorium.

25.    SIA226 – Kimia
Ilmu kimia merupakan bagian dari kelompok ilmu alam dasar. Penerapan kimia dalam keperawatan berfokus pada prinsip-prinsip kimiawi larutan dan senyawa organik. Penekanan pada pemahaman tentang sifat-sifat larutan, keseimbangan asam basa, sistem koloid, manfaat senyawa organik dan sifat kimia karbohidrat, lipid dan protein bagi tubuh manusia. Kegiatan pembelajaran  meliputi ceramah, diskusi dan praktek laboratorium.

26.    SIA229 – Metodologi Penelitian
Fokus pada pemahaman konsep dasar keilmuan yang digunakan sebagai metodologi dalam penelitian. Merupakan pendekatan ilmiah dalam meningkatkan sistem pelayanan dan asuhan keperawatan melalui azas metodologi ilmiah, proses penelitian ilmiah dan penerapan teknis ilmiah. Mata kuliah membahas tentang konsep dasar penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan, tahapan kegiatan penelitan, berlandaskan pendekatan teori keperawatan yang sesuai. Proses pembelajaran dilakukan melalui kegiatan ceramah, diskusi dan tutorial. Mata kuliah merupakan dasar bagi penelitian keperawatan.

27.    SIA234 – Biostatistik
Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang konsep dasar pendekatan biostatistika, peranan biostatistika dalam kesehatan, pengertian pengumpulan data, konsep, batasan dan lingkup statistika deskriptif dan statistika inferensial, penyajian data : tekstular, tabel dan grafik, distribusi frekuensi, ukuran-ukuran tendensi tengah, posisi dan penyebaran, kemencengan dan kelancipan kurva, himpunan dan peluang, distribusi normal, binomial, Poisson, distribusi sampling, interval kepercayaan, konsep uji hipotesis, tingkat kemaknaan dan kuat uji.

28.    SIA241 – Konsep Dasar Keperawatan
Mata kuliah ini merupakan bagian dari kelompok ilmu keperawatan keperawatan dasar. Fokus mata kuliah ini adalah pada paradigma keperawatan yang meliputi berbagai konsep mengenai: manusia di sepanjang daur kehidupan, rentang sehat-sakit, keperawatan, dan lingkungan dalam konteks keluarga dan masyarakat. Juga dibahas mengenai konsep sistem kesehatan nasional, pendekatan sistem dalam pelayanan dan pendidikan keperawatan.

29.    SIA242 – Metodologi dan Dokumentasi
Mata kuliah ini berfokus pada kemampuan berfikir kritis untuk menyelesaikan masalah, penekanan pada pendekatan proses keperawatan sebagai metodologi ilmiah dalam praktek keperawatan. Pembahasan mencakup sejarah, proses keperawatan, definisi, langkah-langkah proses keperawatan serta pencatatan dan pelaporan. Pengalaman belajar meliputi ceramah dan tanya jawab, diskusi dan penugasan individual.

30.    SIA243 – Mikrobiologi dan Parasitologi
Mikrobiologi dan parasitologi merupakan bagian dari ilmu Biomedik. Penerapan ilmu ini pada keperawatan berfokus pada struktur, fungsi, daur pertumbuhan mikroorganisme dan parasit serta reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan parasit tersebut. Penekanan dilakukan pada dasar-dasar pemeriksaan laboratorium, cara sterilisasi dan desinfeksi, dan upaya mencegah dampak mikroorganisme dan parasit pada tubuh manusia yang digunakan dalam praktek laboratorium.

31.    SIA244 – Patofisiologi
Mata kuliah ini merupakan bagian dari ilmu biomedik dasar yang mempelajari perubahan struktur dan fungsi sel, jaringan, organ dan sistem tubuh pada berbagai kelainan atau penyakit serta manifestasinya yang diperlukan dalam praktek keperawatan. Pemahaman ilmu ini digunakan sebagai dasar dalam memberikan asuhan keperawatan. Kegiatan meliputi kuliah mimbar, diskusi dan praktek laboratorium.

32.    SIA245 – Skripsi
Kegiatan penyusunan skripsi didasari oleh penelitian yang merupakan kegiatan yang terencana, terarah, sistematik dan terkendali untuk memperoleh data dan informasi tentang masalah dalam bidang ilmu keperawatan dengan menggunakan metode ilmiah, untuk menjawab pertanyaan penelitian atau menguji hipotesis. Permasalahan penelitian keperawatan menyangkut bidang-bidang Ilmu Keperawatan Dasar, Medikal Bedah, Maternitas, Psikiatriks, Pediatriks, Komunitas baik laboratorik, klinik atau penelitian lapangan, Manajemen Keperawatan dan atau kesehatan baik pelayanan atau pendidikan.

33.    SIA246 – Ilmu Kesehatan Masyarakat
Mata kuliah ini memberikan dasar tentang pengertian ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu bagian ilmu kesehatan masyarakat, serta kegunaannya dalam memahami kesehatan yang terjadi di masyarakat.

34.    SIA301 – Keperawatan Anak I
Fokus Ilmu Keperawatan Anak I adalah mengenali asuhan keperawatan anak dalam konteks keluarga, memberikan asuhan anak yang sehat dalam keluarga serta memberikan asuhan keperawatan pada anak dengan penyakit ringan. Keperawatan anak I memberikan asuhan keperawatan yang aman dan efektif bagi neonatus, bayi, anak, remaja dan keluarganya sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya.  Pengalaman belajar meliputi kuliah, diskusi kelompok, praktek laboratorium dengan memperhatikan aspek keutuhan klien dan etis pelayanan serta implikasinya pada penelitian dan pengembangan keilmuan.

35.    SIA314 – Keperawatan Anak II
Fokus Ilmu Keperawatan Anak II adalah memberikan asuhan keperawatan anak yang dirawat di rumah sakit dan keluarganya yang menderita penyakit kronis secara aman dan efektif bagi neonatus, bayi, anak, remaja dan keluarganya. Keperawatan anak II memberikan asuhan pada anak secara langsung/tidak langsung membantu keluarga untuk merawat anaknya sesuai dengan membantu keluarga untuk merawat anaknya sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya dengan menerapkan berbagai upaya dan prinsip keperawatan anak dan menggunakan proses keperawatan anak sebagai pendekatan. Pengalaman belajar meliputi kuliah, diskusi kelompok, praktek laboratorium dengan memperhatikan aspek keutuhan klien dan etis pelayanan serta implikasinya pada penelitian dan pengembangan keilmuan.

36.    SIA303 – Keperawatan Gawat Darurat
Fokus pada pemberian asuhan keperawatan klien dalam usia sepanjang daur kehidupan dengan masalah gangguan kesehatan yang mengancam kehidupan akibat trauma atau proses lanjut penyakit, baik yang terjadi secara mendadak ataupun telah diantisipasi. Menyiapkan mahasiswa dengan kemampuan untuk penanganan kasus-kasus gawat (kritis) dan kedaruratan, baik dalam ataupun tanpa disertai kondisi lingkungan yang dapat dikendaikan secara mandiri dan kolaboratif, terpadu, efektif, cepat, dan tepat bertujuan mencegah kecacatan fisik, mental, ataupun kematian. Kegiatan belajar mengajar dialami di dalam suasana kelas terstruktur dan di lahan praktika, menggunakan metode ceramah, diskusi kasus dengan penekanan belajar menyelesaikan masalah (p.b.l.) dan praktika laboratorium untuk latihan resusitasi jantung-paru.

37.    SIA315 – Keperawatan Jiwa I
Membahas tentang Konsep dasar keperawatan kesehatan jiwa yang meliputi  : perkembangan keperawatan jiwa, psikodinamika, model kesehatan keperawatan jiwa, pelayanan dan kolaborasi interdisiplin dalam keperawatan jiwa dan keperawatan jiwa keluarga dan masyarakat. Pengalaman belajar meliputi review, diskusi, pembahasan kasus, simulasi dan demonstrasi.

38.    SIA316 – Keperawatan Jiwa II
Mata kuliah ini berfokus pada klien sebagai sistem yang adaptif dalam rentang respon sehat jiwa – gangguan jiwa. Membahas tentang upaya keperawatan dalam pencegahan primer, sekunder dan tersier terhadap klien dengan masalah bio-psiko-sosio-spiritual dan gangguankesehatan jiwa, macam-macam terapi (terapi medik – terapi modalitas keperawatan), isue dan kecenderungan kesehatan jiwa di Indonesia serta peran serta perawat dalam penanggulangannya. Pengalaman belajar meliputi review, diskusi, pembahasan kasus, simulasi dan demonstrasi.

39.    SIA317 – Keperawatan Maternitas I
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan teori keperawatan serta kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesehatan wanita usia subur, trend keperawatan maternitas, asuhan keperawatan ibu hamil, persalinan, setelah melahirkan dan bayinya sampai usia 40 hari pada kondisi normal beserta keluarganya. Proses pembelajaran melalui kuliah, diskusi kelompok dan praktek laboratorium.

40.    SIA318 – Keperawatan Maternitas II

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dan teori asuhan keperawatan resiko tinggi dan komplikasi kehamilan. Proses pembelajaran melalui kuliah, diskusi kelompok dan praktek laboratorium.

41.    SIA319 – Keperawatan Medikal Bedah I
Mata kuliah ini mempelajari konsep dasar keperawatan medikal bedah, masalah-masalah yang berkaitan degnan kondisi patologis yang lazim terjadi pada berbagai gangguan sistem tubuh (persyarafan, pernafasan, kardiovaskuler, perkemihan, muskuloskeletal) serta “Current issues” yang berkaitan. Proses pembelajaran meliputi ceramah, diskusi dan praktek laboratorium.

42.    SIA320 – Keperawatan Medikal Bedah II
Mata kuliah ini mempelajari asuhan keperawatan klien masalah-masalah yang berkenaan dengan kondisi patologis yang lazim terjadi pada berbagai  gangguan sistem tubuh (pencernaan, endokrin, sistem kekebalan tubuh, penginderaan) serta “Current issues” yang berkaitan. Proses pembelajaran meliputi ceramah, diskusi dan praktek laboratorium.

43.    SIA321 – Keperawatan Medikal Bedah III
Mata kuliah ini mempelajari masalah-masalah yang berkenaan dengan kondisi patologis yang lazim terjadi pada berbagai gangguan sistem tubuh berupa gangguan pada sistem kardiovaskuler, perkemihan, pernafasan dan endokrin

44.    SIA322 – Keperawatan Keluarga dan Komunitas
Fokus mata kuliah ini membahas tentang asuahn keperawatan keluarga pada tiap tahapan tumbuh kembang keluarga meliputi pasangan keluarga dengan anak usia sekolah, keluarga dengan remaja, keluarga dengan ibu hamil dan menyusui serta masalah keluarga terkait dengan masalah kesehatan yang lazim terjadi di Indonesia, pembahasan tentang issue dan kecenderungan dalam keperawatan keluarga dengan penekanan pada upaya peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan keluarga. Mata kuliah ini akan berguna dalam melaksanakan pelayanan/asuhan keperawatan keluarga. Pengalaman belajar meliputi ceramah, diskusi, pembahasan kasus dan presentasi.

45.    SIA408 – Psikologi Keperawatan
Fokus mata kuliah ini membahas tentang prinsip dan karakteristik perkembangan fisik dan motorik, kognitif, afektif, tahap perkembangan mental, dan faktor yang mempengaruhinya serta perkembangan psikososial, perilaku individu dalam hubungannya dengan situasi sosial dengan penekanan pada konsep kelompok, motivasi dan prasangka sosial serta pengaruh terhadap perkembangan sosial.

46.    SIA409 – Pendidikan dalam Keperawatan
Fokus mata kuliah pada Konsep Dasar Pendidikan yang dikaitkan dengan Pendidikan dan Asuhan/Pelayanan Keperawatan. Penekanan pada proses pendidikan yang memperhatikan hakekat manusia sebagai insan yang penuh dengan keragaman dapat dan perlu memperoleh pendidikan. Pengenalan manusia terhadap konsep dan prinsip-prinsp yang berkaitan dengan teori pembelajaran dan proses belajar mengajar merupakan landasan berpijak dalam melakukan pendidikan formal keperawatan di dalam kelas, di berbagai tatanan praktika klinik keperawatan, maupun dalam memberikan pendidikan/penyuluhan kesehatan masyarakat. Mahasiswa diarahkan kepada strategi pengembangan kurikulum, berbadai metoda dan teknik pengajaran termasuk pengembangnan rancangan instruksional pengajaran untuk suasana kelas dan praktika klinik. Aspek yang dapat mempengaruhi perilaku kesehatan masyarakat berkaitan dengan perubahan sosial;  cara pendekatan pendidikan kesehatan terhadap masyarakat dengan status sosial yang berbeda, mahasiswa diarahkan kepada kemampuan mengidentifikasi masalah-masalah perilaku kesehatan yang perlu mendapat pendidikan tertentu. Prinsip-prinsip pendekatan yang perlu dilakukan mahasiswa dalam memotivasi dan memprakarsai perubahan perilaku kesehatan masyarakat.

47.    SIA410 – Komunikasi Keperawatan
Fokus cabang ilmu ini membahas prinsip-prinsip komunikasi dalam memelihara hubungan antar manusia yang diterapkan dalam memberikan pelayanan/asuhan keperawatan.

48.    SIA501 – Keperawatan Gerontik
Fokus mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar gerontik dan pengaruhnya/dampaknya terhadap pemenuhan kebutuhan dasar manusia dan asuhan keperawatannya dengan penekanan pada peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan. Mata kuliah ini akan berguna dalam melaksanakan pelayanan/asuhan keperawatan pada lanjut usia di berbagai tatanan pelayanan kesehatan khususnya di keluarga dan masyarakat. Pengalaman belajar meliputi ceramah, diskusi, pembahasan kasus.

49.    SIA505 – Manajemen Keperawatan
Manajemen keperawatan mempelajari tentang berbagai konsep dasar manajemen yang relevan dan spesifik diaplikasikan pada pelayanan keperawatan “Current issues” yang berkaitan, serta sesuai dengan perkembangan keperawatan dan pola pelayanan. Pemahaman akan berbagai konsep manajemen keperawatan tersebut menjadi dasar untuk melakukan kajian dan telaah situasi pada berbagai area pelayanan keperawatan dengan pendekatan sistem dan proses, melalui pengalaman belajar ceramah, diskusi dan latihan/telaah kasus.

50.    SIA506 – Manajemen Kualitas Pelayanan Kesehatan
Mata kuliah ini mempelajari tentang konsep-konsep dasar dalam manajemen kualitas pelayanan, sistem pelayanan kesehatan di Indonesia, perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan/pengendalian pelayanan kesehatan utama di Indonesia dan ekonomi kesehatan. Fokus pada penerapan konsep-konsep dasar dalam  manajemen kesehatan pada pemberian asuhan keperawatan keluarga dan komunitas

51.    SIA507 – Sistem Informasi dan Manajemen
Dalam matakuliah ini akan dibahas Sistem Informasi Manajemen(SIM), meliputi pengamilan keputusan, informasi manajemen, pengalihan kebutuhan data menjadi informasi, sistem dan langkah-langkah pendekatan sistem-sistem informasi manajemen, perangkat sistem informasi manajemen, indikator kesehatan untuk menghasilkan informasi kuantitatif, manajeman database, serta mengenai berbagai bentuk sistem informasi manajemen.

52.    SIA508 – Aplikasi Komputer
Mata kuliah ini membahas tentangaplikasi computer yang diharapkan dapat membantu meningkatkkan kemampuan dan keterampilan untukmenunjang mahasiswa dalam mengoperasikan computer dan melakukan penelitian keperawatan serta memberikan pelayanan kesehatan yang bermtu dan professional kepada masyarakat.

1.    SU101 – Bahasa ArabMengenal dan memahami bentuk-bentuk gender, number, case, concord nominal, personal pronoun (domir), adjective, concord verbal, perpect, imperpect, impeartive, participle active/passive, verbal noun, derivasi, mengetahui bentuk asli kata bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Arab, perubahan dan terjemahan. Proses pembelajaran meliputi ceramah, diskusi dan percakapan. 2.    SU103 – Bahasa InggrisMata kuliah ini […]
  1. SETRISMAN Balas

    Kepada Yth: CEO RUMAH SAKIT DI SELURUH PROVINSI RI.
    Di
    Tempat

    Dengan hormat,
    saya sebagai rakyat kecil memohon dan mengusulkan kepada pemimpin rumah sakit yakni:
    1. MELAYANI PASIEN DENGAN CINTA KASIH, DENGAN SEGENAP HATI, DENGAN SEGENAP AKAL BUDI DAN SEGENAP JIWA PADA PASIEN DALAM TUHAN YESUS KRISTUS, DAN HARUS DIPERHATIKAN TINGKAT KEPUASAAN PELANGGAN ATAU PASIEN.
    2. UTAMAKAN RAMAH DAN SOPAN SANTUN (BUDAYAKAN) MISALNYA SENYUMAN ANDA HARAPAN KAMI (TUTUR KATA, ETIKA, KODE ETIK, ETIKA PROFESI)
    3. SEORANG SUSTER/ DOKTER WANITA SEBAIKNYA/ALANGKAH BAIKNYA JANGAN MEMAKAI ROK KETAT/ROK PENDEK/ROK MINI/ROK SEKSI YANG TRANSPARAN DAN KAIN YANG TIPIS TETAPI SEBAIKNYA/ALANGKAH BAIKNYA SEORANG SUSTER/DOKTER WANITA MEMAKAI ROK PANJANG YANG LONGGAR SERTA ROK KAIN YANG TEBAL DAN ROK PANJANG SAMPAI DIBAWA KAKI, UNTUK MENJAGA KEHORMATAN WANITA YAKNI HARKAT DAN MARTABAT SEORANG WANITA DAN JUGA MENJAGA KEHORMATAN KODE ETIK PROFESI SERTA ETIKA PROFESI SEORANG SUSTER/DOKTER WANITA.
    4.SEORANG SUSTER/ DOKTER WANITA SEBAIKNYA/ALANGKAH BAIKNYA JANGAN MEMAKAI CELANA PANJANG YANG TRANSPARAN, KAIN YANG TIPIS TETAPI SEBAIKNYA/ALANGKAH BAIKNYA SEORANG SUSTER/DOKTER WANITA MEMAKAI CELANA PANJANG YANG LONGGAR SERTA CELANA PANJANG (KAIN YANG TEBAL) SAMPAI DIBAWA KAKI, UNTUK MENJAGA KEHORMATAN WANITA YAKNI HARKAT DAN MARTABAT SEORANG WANITA DAN JUGA MENJAGA KEHORMATAN KODE ETIK PROFESI SERTA ETIKA PROFESI SEORANG SUSTER/DOKTER WANITA (UNTUK USIA 20 TAHUN HINGGA USIA 35 TAHUN).
    5.SEORANG DOKTER JANGAN MEREREMEHKAN ATAU MELECEHKAN SESAMA PROFESI (JANGAN MERASA DIRINYA LEBIH PANDAI) DAN SEMUA PEGAWAI YAKNI DOKTER DAN SUSTER DILATIH DENGAN KOSTUMER SERVIS/ PELAYANAN PELANGGAN.
    6. SEORANG DOKTER DAN SEORANG SUSTER MENGUCAPKAN KATA-KATA YANG SOPAN SANTUN DAN BERETIKA ATAU UCAPKAN KATA/KALIMAT YANG TIDAK MENYEBABKAN MENYINGGUNG PERASAAN PASIEN.JANGAN UCAPKAN KATA KATA KASAR/ KURANG ETIS/ KURANG BERETIKA YANG MENYEBABKAN PENYAKIT PASIEN MENJADI BERTAMBAH PARAH.
    7.a. SOAL PENARIKAN/REKRUTMEN YAKNI SETIAP PENERIMAAN PEGAWAI (DOKTER/SUSTER) HARUS DITES KEJIWAAN YANG SESUNGGUH-SUNGGUHNYA DAN MENTALNYA SESUNGGUH-SUNGGUHNYA DENGAN MELIBATKAN SEORANG PAKAR PSIKIATER, APAKAH CALON PEGAWAI (DOKTER/ SUSTER) BISA BERFIKIR JERNIH DAN SEHAT JASMANI DAN ROHANI.
    KARENA SEORANG DOKTER DAN SUSTER BERHUBUNGAN LANGSUNG DENGAN PIHAK PASIEN YANG SAKIT/DIRAWAT.
    7b. ALANGKAH BAIKNYA CALON PEGAWAI DOKTER ATAU SUSTER MEMILIKI IPK 3, 70 UNTUK SYARAT SEBAGAI LULUSAN PENERIMA PEGAWAI DOKTER ATAU SUSTER.
    8. SEORANG DOKTER DAN SEORANG SUSTER (PRIA DAN WANITA) HARUS MEMAKAI PAKAIAN YANG RAPIH SERTA SEPATU (SEPATU KANTORAN), DAN TUTUR KATA YANG SOPAN DAN BERETIKA/PRILAKU (ATTITUDE YAKNI NORMA KESOPANAN DAN NORMA KESUSILAAN) DAN EKSTRA SABAR, SALING PENGERTIAN DAN SALING BERTOLERANSI SESAMANYA).
    9 (A). SEORANG DOKTER DAN SUSTER MENJUNJUNG TINGGI NORMA-NORMA DINEGARA Republik Indonesia, TATA NILAI/ HUKUM ADAT/ MORAL/AGAMA/ ETIKA PROFESI/KODE ETIK PROFESI DAN BERPEGANG TEGUH TANGGUNG JAWAB PROFESI
    9 (B). SECARA KHUSUS:
    – SEORANG DOKTER/ SUSTER (WANITA DAN PRIA) MENJUNJUNG TINGGI KEHORMATAN PROFESI/ ETIKA PROFESI
    – SEORANG DOKTER/ SUSTER (WANITA DAN PRIA) HARUS INGAT DAN SELALU BERPEGANG PADA SUMPAH JABATAN PROFESI/ MENJUNJUNG TINGGI SUMPAH PROFESI DAN MENYANGKUT NYAWA MANUSIA.
    – SEORANG DOKTER/ SUSTER JANGAN MERASA PUAS PADA PENGETAHUAN DIMAKSUD/DIMILIKI SERTA BERFIKIR JERNIH SEBELUM BERTINDAK.

    TUHAN YESUS KRISTUS MEMBERKATI ANAK-ANAK TUHAN YESUS

    TUHAN YESUS MEMBERKATI BERKELIMPAHAN BANGSA DAN NEGARA Republik Indonesia yang kita cintai dan kita banggakan.

Leave a Reply

*