Deskripsi Mata Kuliah D3 Keperawatan

1.    Bahasa Inggris I (The Basic English for Nurse (BEFN))
Fokus mata ajar pada program ini adalah menekankan kemampuan dasar Bahasa Inggris secara gramatikal dan istilah-istilah dasar keperawatan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Medis yang diaplikasikan melalui praktek perkenalan, dasar-dasar tenses, bagian-bagian dan profesi yang ada di rumah sakit serta melatih kemampuan dalam presentasi, diskusi, memberikan komentar dan saran, serta membuat resume dari apa yang mereka dengarkan dari isi presentasi tentang dasar-dasar keperawatan.

2.    Bahasa Inggris II ( The General Nursing Science I )

Fokus mata ajar pada semester dua adalah menekankan kemampuan dasar Bahasa Inggris untuk mengenali expresi-expresi keluhan pasien, mereview keluhan pasien yang akan diaplikasikan melalui praktek pengkajian data dasar pasien, riwayat kesehatan pasien yang meliputi semua system tubuh dengan menggunakan metode head to toe exam. Juga melatih kemampuan lanjutan dalam berpresentasi, diskusi, memberikan komentar dan saran, serta membuat resume dari apa yang mereka dengarkan dari isi presentasi yang lebih advance tentang pengetahuan keperawatan.

3.    Bahasa Inggris III ( The General Nursing Science II )
Fokus mata ajar pada semester tiga adalah menekankan pengetahuan keperawatan dasar dalam Bahasa Inggris tentang fisiologi untuk dasar pengkajian yang meliputi system pernafasan, pencernaan, muskuloskeletal, bayi baru lahir, dan payudara. Pengetahuan dasar tentang alat-alat medis dan fungsinya, seta hitungan cairan infus. Juga melatih kemampuan lanjutan tentang Keperawatan Medical Bedah dalam perpresentasi, diskusi, memberikan komentar dan saran, serta membuat resume dari apa yang mereka dengarkan dari isi persentasi yang lebih advance tentang pengetahuan keperawatan.

4.    Bahasa Inggris IV ( The Communicative Translation )

Fokus mata ajar pada semester empat adalah meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dalam menganalisa kalimat baik badi Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris ataupun dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Juga melatih kemampuan lanjutan dalam berpresentasi yang sesuai dengan kerangka kerja dalam mempelajari kondisi-kondisi penyakit, diskusi, memberikan komentar dan saran, serta membuat resume dari apa yang mereka dengarkan dari isi presentasi tentang penyakit-penyakit, serta melatih kemampuan mengajar dengan menggunakan Bahasa Inggris.

5.    Bahasa Inggris V (The Mini Hospital)
Fokus mata ajar pada semester lima adalah meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dalam berdialog dengan pasien, perawat, dokter, dan keluarga pasien dalam bentuk simulasi Drama mini Hospital. Juga melatih kemampuan mahasiswa dalam memberikan dan mengarahkan arah pada seseorang, cara berinterview dalam seleksi mencari pekerjaan, membuat curriculum vitae, surat lamaran kerja, serta melaksanakan seminar dengan memaparkan kasus dalam bentuk asuhan keperawatan (ASKEP) dalam Bahasa Inggris.

6.    Bahasa InggrisVI (The Basic Cardiac Life Support)
Fokus mata ajar pada semester lima adalah meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Keperawatan dalam pertolongan pertama seperti prinsip langkah-langkah dalam tindakan emergency, pemberian nafas buatan, pertolongan pertama pada orang yang mengalami choking, dan pemberian pertolongan pertama karena henri jantung dengan manikin dan LCD untuk menambah wawasan pengetahuan mahasiswa.

7.    SU 102 – Bahasa Indonesia
Mata kuliah ini menguraikan tentang tata bahasa, susunan kalimat dalam karangan ilmiah, juga dipelajari tentang komunikasi dan menulis laporan karya tulis ilmiah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

8.    SU110 – Kewarganegaraan
Mata kuliah ini membahas tentang pengantar pendidikan kewarganegaraan yang mencakup hak dan kewajiban warga Negara, bela Negara, demokrasi Indonesia, hak azasi manusia, wawasan nusantara, ketahanan nasional. Kegiatan belajar mengajar melalui kuliah, penugasan dan diskusi.

9.    Aplikasi Komputer
Mata kuliah ini membahas tentang Aplikasi Komputer yang diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan dan keterampilan untuk menunjang mahasiswa dalam mengoperasikan komputer dan melakukan penelitian kesehatan masyarakat serta memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan professional kepada masyarakat.

10.    IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
Fokus mata ajaran ini membahas tentang konsep biologi, sel sebagai unit kehidupan terkecil sampai dengan organ/sistem tubuh, reproduksi, genetika manusia dan prinsip-prinsip dasar fisika berkaitan dengan tubuh manusia.

11.    SOA201 – Anatomi Fisiologi
Mata kuliah ini membahas tentang anatomi dan fisiologi tubuh manusia yang menguraikan struktur, komponen tubuh manusia dan perkembangannya serta  fungsi  system tubuh  manusia  dan mekanisme  fisiologinya. Kegiatan  belajar dilakukan melalui kuliah, diskusi ,penugasan dan praktikum.

12.    SOA203 – Biokimia
Mata Kuliah Biokimia membahas  tentang  enzim dan Ko- enzim,  oksidasi biologi,  nutrisi pada manusia (air, vitamin, karbohidrat, lipid, protein), karbohidrat, asam amino,  purin pirimidin, lemak  serta hormone dan peranannya dalam  metabolisme. Proses pembelajaran melalui kegiatan  belajar  ceramah, diskusi , penugasan dan praktikum.

13.    SOA207 – Konsep Dasar Keperawatan
Fokus mata ajaran ini adalah membahas tentang paradigma keperawatan, konsep profesi dalam lingkup keperawatan, landasan keilmuan profesi keperawatan. Konsep sistem dalam tatanan pelayanan keperawatan / kesehatan, stress dan adaptasi, teori dan konsep model keperawatan, proses keperawatan.

14.    SOA205 – Kebutuhan Dasar Manusia I
Mata ajaran ini membahas tentang kebutuhan dasar manusia dalam kondisi normal dan gangguan serta upaya untuk memenuhi KDM tersebut sebagai landasan dalam menerapkan Asuhan Keperawatan. Mata ajaran ini disusun berdasarkan KDM ysng meliputi teori KDM yaitu manusia sebagai sistem, manusia sebagai makhluk adaptif, teori holistik, tumbuh kembang terhadap kebutuhan dasar manusia. KDM menurut para ahli; pemeriksaan fisik, meliputi kesadaran, tanda-tanda vital, Head to toe, konsep dasar kebutuhan manusia yiatu kebutuhan fisiologis, psikososial, spiritual.

15.    SOA206 – Kebutuhan Dasar Manusia II
Fokus cabang ilmu ini membahas tentang kebutuhan dasar manusia dalam kondisi normal dan gangguan serta upaya untuk memenuhi kebutuhan dasar tersebut sebagai landasan dalam menerapkan asuhan keperawatan.

16.    SOA403 – Psikologi
Fokus mata ajaran ini membahas tentang perilaku manusia serta tumbuh kembang ditinjau dari aspek psikologis

17.    SU109 – Pendidikan Agama
Fokus cabang ilmu ini membahas tentang kaidah-kaidah dalam agama serta manfaatnya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang berazaskan pancasila.
Penerapan ajaran-ajaran agama dalam profesi keperawatan terutama dalam hubungannya dengan etika beragama serta penerapan cabang ilmu ini dalam melaksanakan tugas sebagai perawat.

18.    SU102 – Bahasa Inggris II
Mata kuliah ini memberikan kemampuan lanjutan berbahasa Inggris seperti mendengarkan (Listening), berbicara (Speaking), membaca (Reading) dan menulis (Writing) agar para mahasiswa dapat mahir menggunakan bahasa Inggris dalam konteks profesi keperawatan.

19.    SOA401 – Etika Keperawatan
Fokus mata ajaran ini adalah membahas tentang prinsip, standar dan sikap profesional berdasarkan nilai-nilai moral dengan memandang hak dan martabat klien sebagai manusia. Cabang ilmu ini merupakan landasan untuk membentuk tingkah laku profesional.

20.    SOA210 – Mikrobiologi dan Parasitologi
Mikrobiologi :
Fokus mata ajaran ini membahas tentang siklus pertumbuhan dan ekosistem mikroorganisme serta reaksi tubuh manusia terhadap mikroorganisme, prinsip-prinsip sterilisassi, desinfektan dan upaya mencegah mikroorganise terhadap tubuh manusia.
Parasitologi :
Fokus mata ajaran ini membahas tentang siklus pertumbuhan dan ekosistem parasit serta reaksi tubuh manusia terhaap parasit, prinsip-prinsip upaya mencegah penularan terhadap tubuh manusia.

21.    SU113 – Sosiologi
Fokus mata ajaran ini membahas tentang manusia dan sosio budaya, masyarakat, manusia dan keluarga sebagai sub sistem dan sosio budaya masyarakat, aturan/norma-norma dalam kehidupan masyarakat Indonesia, kepercayaan dan agama sebagai kekuatan dalam kehidupan masyarakat.

22.    SOA204 – Ilmu Gizi
Fokus cabang ilmu ini membahas tentang konsep dasar ilmu gizi untuk berbagai tingkat usia dan kondisi klien. Konsep dan prinsip dari cabang ilmu diajarkan untuk memberi pengertian tentang gizi dan pengaruh zat-zat gizi pada kesehatan dan kesejahteraan individu.

23.    SOA209 – Patologi
Fokus cabang ilmu ini  membahas tentang terjadinya perubahan struktur dan fungsi jaringan/organ tubuh serta perubahan-perubahan klinis pada berbagai kelainan tubuh.

24.    SOA202 – Farmakologi
Fokus cabang ilmu ini membahas tentang farmakologi dan terapeutik dengan penekanan pada farmakodinamika; penggolongan obat, efek samping dan bahaya  penggunaan obat.

25.    SOA402 – Komunikasi Keperawatan
Fokus cabang ilmu ini membahas prinsip-prinsip komunikasi dalam memelihara hubungan antar manusia yang diterapkan dalam memberikan pelayanan atau asuhan keperawatan.

26.    SOA316 – Keperawatan Profesional
Mata ajaran ini membahas dasar hukum untuk praktek keperawatan, perundang-undangan yang mempengaruhi keperawatan, hubungan professional dan perkembangan profesi melalui kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan organisasi.
Kegiatan belajar mengajar memberikan kesempatan kepada kepada peserta didik untuk membahas dan menganalisa masalah yang ada sehubungan dengan praktek professional yang dihadapi perawat dalam lingkup pekerjaannya.
Peserta didik dianjurkan untuk melaksanakan studi kepustakaan mengenai keadaan/perkembangan mutakhir dan kecenderungan perkembangan keperwatan pada masa yang akan datang serta diberi dorongan untuk ikut dalam pengembangan keperawatan profesional.
Peserta didik diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang diorganisasikan oleh organisasi profesi keperawatan. Selain itu juga dibahas tentang kebijakan dan peraturan kesehatan yang ada dan merupakan pedoman bagi semua petugas kesehatan.

27.    SOA508 – Pendidikan Kesehatan
Fokus cabang ilmu ini membahas tentang pendidikan kesehatan pada klien sebagai individu maupun kelompok di klinik, di masyarakat dengan pendekatan pendidikan.

28.    SOA301 – Dokumentasi Keperawatan
Fokus mata ajaran ini membahas tentang konsep dokumentasi, dokumentasi proses keperawatan ditinjau dari aspek-aspek legal etik, Manajemen resiko serta teknik pendokumentasian. Proses pembelajaran memberikan pengalaman pemahaman konsep dokumentasi dan latihan mendokumetasikan proses keperawatan

29.    SOA310 – Keperawatan Medikal Bedah I
Fokus mata ajaran ini membahas tentang masalah kesehatan yang lazim terjadi pada usia dewasa, aku maupun kronik yang meliputi gangguan fungsi tubuh pada system persarafan, Endokrin, Integumen, Imunitas, dan perspektif keperawatan medical bedah. Proses belajar memberikan pengalaman pemahaman dan keterampilan klinis asuhan keperawatan medikal bedah.

30.    SOA311 – Keperawatan Medikal Bedah II
Mata ajaran ini membahas tentang masalah kesehatan yang lazim terjadi pada usia dewasa baik bersifat akut, maupun kronik, yang meliputi gangguan fungsi tubuh pada sistem: pernafasan, kardiovaskuler, pencernaan, klien yang sedang mengalami perawatan perioperatif serta perawatan intensif.
Mata ajaran ini memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang konsep penyakit medikal dan bedah serta pelaksanaan medik pada klien dewasa yang mengalami gangguan pada system pernafasan, cardiovaskuler, pencernaan dan perawatan perioperatif serta konsep perawatan intensif. Kemudian implikasinya dalam pelaksanaan askep pada klien yang mengalami gangguan/kelainan fungsi/ struktur dari ketiga fungsi tersebut yang dalam pembahasannya menggunakan pendekatan proses keperawatan.
Proses pembelajaran disusun dalam bentuk pengalaman belajar ceramah (PBC) tentang teori/konsep yang behubungan dengan gangguan fungsi system tersebut, pengalaman belajar diskusi (PBD) tentang suatu topik / kasus yang berhubungan dengan pengalaman belajar praktik (PBP di RS/laboratorium keperawatan) tentang keterampilan melaksanakan prosedur tindakan yang spesifik yang berkaitan dengan gangguan system terkait.
Situasi proses pembelajaran diupayakan agar peserta didik memperoleh kesempatan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga akan memberikan bekal dan manfaat dalam melaksanakan askep secara langsung kepada klien dengan gangguan fungsi sistem tersebut di atas.

31.    SOA312 – Keperawatan Medikal Bedah III
Fokus cabang ilmu ini membahas tentang masalah kesehatan yang lazim terjadi pada usia dewasa baik akut maupun kronis yang meliputi gangguan fungsi tubuh pada sistem perkemihan, muskuloskeletal, sistem penglihatan dan sistem THT dan wicara.

32.    SOA503 – Keperawatan Komunitas I
Fokus mata ajaran ini membahas konsep dasar keperawatan komunitas, kebijakan pemerintah dalam menanggulangi masalaah kesehatan utama di Indonesia, pengantar biostatistik dan dasar-dasar kesehatan lingkungan.Proses pembelajaran memberikan pengalaman belajar dalam memahami perawatan komunitas.

33.    SOA504 – Keperawatan Komunitas II
Fokus mata ajaran ini membahas tentang konsep PHC, dasr ilmu dan program kerja kesehatan masyarakat, faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan masyarakat. Proses belajar dapat memberikan pemahaman, pengalaman dan keterampilan klinik dalam keperawatan komunitas yang disususn dalam bentuk pengalaman belajar ceramah (PBC) tentang teori dan konsep yang berhubungan dengan keperawatan komunitas & pengalaman belajar praktek baik di laboratorium sekolah maupun klinik.

34.    SOA302 – Keperawatan Anak I
Fokus mata ajaran ini membahas tentang konsep keperawatan anak, masalah kesehatan yang lazim terjadi pada anak dan hubungannya dengan kesehatan keluarga. Proses pembelajaran memberikan pengalaman pemahaman dan keterampilan dalam asuhan keperawatan anak. Kegiatan belajar dilakaukan melalui kuliah, diskusi dan praktek.

35.    SOA303 – Keperawatan Anak II
Fokus mata ajaran ini membahas tentang praktek belajar klinik (PBK) yang berhubungan dengan masalah kesehatan yang lazim terjadi pada anak dan kesehatan keluarga. Proses pembelajaran memberikan  pengalaman keterampilan dan sikap dalam menerapkan asuhan keperawatan pada anak. Kegiatan belajar dilakukan melalui praktek klinik keperawatan.

36.    SOA308 – Keperawatan Maternitas I
Fokus mata ajaran ini membahas mengenai konsep dasar keperawatan maternitas, meliputi: kehamilan, persalinan dan nifas serta bayi baru lahir normal dalam konteks kesehatan keluarga, kesehatan perempuan pada masa subur sampai dengan masa menopause, masalah atau gangguan system reproduksi dan terapi farmakologi, KB yang didasari oleh ilmu obstetric dan ginekologi meliputi anatomi fisiologi organ reproduksi. Proses pembelajaran memberi pengalaman kepada peserta didik tentang pemahaman dan keterampilan klinik asuhan keperawatan maternitas.

37.    SOA309 – Keperawatan Maternitas II
Mata ajaran praktek belajar  lapangan maternitas ini berbentuk kegiatan belajar aktif yang membantu mahasiswa memperoleh kesempatan untuk melaksanakan paraktek pada situasi yang sebenarnya dalam tatanan nyata.
Peserta didik diberi kesempatan untuk menguji coba mata ajaran maternitas yang meliputi : kehamilan, persalinan, dan nifas serta bayi baru lahir dalam konteks kesehatan keluarga, masalah atau gangguan system reproduksi dan keluarga berencana dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan

38.    SOA501 – Manajemen dan Kepemimpinan dalam Keperawatan
Fokus mata ajaran ini membahas tentang fungsi kepemimpinan dan manajemen dan mengarahkan tim keperawatan dalam menentukan tujuan yang tepat untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat.

39.    SOA305 – Keperawatan Jiwa I
Fokus mata ajaran ini membahas mengenai konsep keperawatan kesehatan jiwa,      program pelayanan kesehatan jiwa, masalah kesehatan jiwa dalam rentang sehat jiwa sampai gangguan jiwa, pencegahan dan perawatan klien dengan masalah bio-psioko-sosial-spiritual dan gangguan jiwa dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan serta  penerapan terapi modalitas. Proses pembelajaran memberikan pengalaman pemahaman dan keterampilan klinis asuhan keperawatan jiwa melalui pengalaman belajar ceramah, pengalaman belajar diskusi, dan pengalaman belajar praktek.

40.    SOA306 – Keperawatan Jiwa II
Mata ajaran keperawatan kesehatan jiwa II ini berbentuk kegiatan belajar praktik yang akan memungkinkan peserta didik memperoleh kesempatan untuk melaksanakan praktek pada situasi sebenarnya atau tatanan nyata.
Peserta didik diberi kesempatan mengaplikasikan semua konsep keperawatan jiwa yang telah diperoleh selama mengikuti mata ajaran keperawatan kesehatan jiwa I. Kemampuan yang dituntut meliputi domain kognitif, psikomotor dan afektif dengan penekanan kepada domain psikomotor dipelajari melalui pembelajaran klinik.
Kegiatan belajar mengajar juga meliputi penerapan proses  keperawatan dalam memahami kebutuhan pasien atau klien yang mempunyai masalah kesehatan jiwa dalam rentang sehat jiwa sampai gangguan jiwa termasuk dengan masalah bio psioko sosial dan spiritual gangguan jiwa , serta penerapan terapi modalitas. Proses belajar pembelajaran memeberikan pengalaman pemahaman dan keterampilan klinik.

41.    SOA315 – Riset Keperawatan
Mata ajaran ini dirancang untuk membekali peserta didik dengan konsep dan prinsip riset, serta penjelasan mengenai cara pentingnya usulan penelitian, juga menekankan pentingnya penerapan hasil-hail penelitian untuk tujuan kualitas asuhan keperawatan. Kuliah, diskusi dan contoh-contoh penenlitian diberikan untuk belajar, dan peserta didik akan diberikan penugasan pembuatan laporan dari bacaan-bacaan mengenai penelitian keperawatan. Macam-macam dasar riset yang meliputi alat dan tehnik, serta implikasinya dalam keperawatan juga akan dibahas. Pengalaman belajar akan diberikan kepada peserta didik untuk membuat suatu usulan penelitian mengenai masalah keperawatan yang sederhana.

42.    SOA313 – Keperawatan Medikal Bedah IV
Mata ajaran Keperawatan Medikal Bedah (KMB) IV berbentuk praktek belajar klinik yang memungkinkan peserta didik memperoleh kesempatan untuk melaksanakan praktek pada tatanan klinik keperawatan yang sebenarnya yaitu di rumah sakit. Peserta didik diberi kesempatan seluas-luasnnya untuk mengaplikasikan teori yang telah diperoleh pada semester sebelumnya yang berhubungan dengan asuhan keperawatan pada klien yang mengalami gangguan fungsi system persyarafan, muskuloskeletal, penglihatan, THT, integumen dan imunitas, peri operatif.
Kegiatan belajar mengajar dirancang sedemikian rupa sehingga peserta didik mendapatkan pengalaman melaksanakan praktek secara benar, terarah dan terencana sesuai dengan prinsip dan etika profesi keperawatan. Guna hal tersebut metode pembelajaran yang dilaksanakan diarahkan kepeada upaya memberikan dampak positif pada perkembangan kemampuan peserta didik baik dalam aspek kognitif, afektif maupun psikomotor.
Metode pembelajaran secara PBK memungkinkan peserta didik secara langsung mulai mengenal kehidupan profesi keperawatan dan menanamkan disiplin serta kerjasama diantara sesama anggota profesi keperawatan dan menanamkan disiplin serta kerjasama diantara sesama anggota profesi keperawatan maupun dengan anggota tim kesehatan lain yang menangani klien sebagai subyek pelayanan kesehatan.

43.    SOA506 – Kewirausahaan
Fokus cabang ilmu ini membahas tentang konsep umum mengenai kewirausahaan, khususnya untuk bidang kesehatan. Konsep dan prinsip dari cabang ilmu diajarkan untuk memberikan pengertian tentang kewirausahaan dan kepemimpinan khususnya dibidang kesehatan dan memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk membuat usaha kecil.

44.    SOA307 – Keperawatan Keluarga
Mata ajaran ini membahas konsep dan asuhan keperawatan pada keluarga. Proses pembelajaran dirancang untuk dapat memberikan pemahaman dan keterampilan dalam memberikan asuhan pada tatanan keluarga.

45.    SOA502 – Keperawatan Gerontik
Mata Ajaran ini membahas konsep gerontology yang meliputi proses penuaan dan permasalahannya serta  konsep asuhan keperawatan gerontik dengan pendekatan proses keperawatan.
Lingkup asuhan keperawatan meliputi peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pemeliharaan kesehatan gerontik serta peran keluarga dan komunitas terhadap kesehatan usia lanjut.
Proses pembelajaran diarahkan untuk memberikan pengalaman belajar pemahaman (PBC) dan keterampilan (PBL) dalam keperawatan gerontik berupa ceramah, diskusi, penugasan dan praktek

46.    SOA304 – Keperawatan Kegawatdaruratan
Fokus cabang ilmu ini membahas konsep keperawatan gawat darurat pada semua system di berbagai tingkat usia. Proses pembelajaran disusun dalam bentuk ceramah, penugasan perorangan, penelaahan kasus, praktek di laboratorium dan di lahan praktek sehingga memberikan pengalaman, pemahaman dan keterampilan klinik bagi peserta didik dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien gawat darurat.

1.    Bahasa Inggris I (The Basic English for Nurse (BEFN))Fokus mata ajar pada program ini adalah menekankan kemampuan dasar Bahasa Inggris secara gramatikal dan istilah-istilah dasar keperawatan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Medis yang diaplikasikan melalui praktek perkenalan, dasar-dasar tenses, bagian-bagian dan profesi yang ada di rumah sakit serta melatih kemampuan dalam presentasi, diskusi, memberikan […]

Leave a Reply

*